Minggu, Maret 08, 2015

Jenis Penyakit Menular

SAHABAT SEHAT: Pengertian penyakit yaitu keadaan kurang normal dari pikiran dan tubuh yang menyebabkan kurang stabil, disfungsi atau kesukaran kepada orang yang dipengaruhinya. Untuk bisa sembuh dari penyakit, masyarakat umum sering berkonsultasi dan memeriksanya ke dokter.
Penyakit menular merupakan penyakit yang dapat menular dari orang yang sudah terkena penyakit ke orang lain yang masih sehat. Penularan dari penyakit ini umumnya terjadi karena ada kontak diantara orang yang sakit dengan orang lain yang masih sehat. Dapat terjadi melalui perantara ataupun secara langsung. Sifat dari penyakit menular sendiri biasanya parah, berjarak dekat, dan disebabkan oleh sel patogen.

Penyakit Campak 

Campak adalah penyakit yang disebabkan oleh Virus Paramiksovirus, penyakit ini menular dari ludah si penderita. Masa inkubasi penyakit ini adalah 10-14 hari. Penyakit ini gejalanya adalah panas, hidung berlendir, batuk, tenggorokan sakit, nyeri pada otot dan mata menjadi merah. Pada puncaknya penderita akan merasakan sakit, ruam di seluruh tubuh dan suhu badan yang tinggi. Penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin campak ketika masih bayi.

Penyakit Demam Berdarah (DB)

Demam beradarah adalah penyakit yang sering ditemukan di daerah tropis dan sub-tropis, terutama pada musim hujan yang lembab. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus Dengue. Gejala penyakit ini seperti malaria, demam tifoid dan leptospirosis yakni suhu tubuh tinggi dan munculnya ruam. Untuk memastikan, penderita harus memeriksakan darahnya di lab. Tindakan efektif untuk mencegah demam berdarah adalah mencegah nyamuk Aedes Aegypti berkembang. Nyamuk ini berkembang dalam lingkungan air bersih, oleh karena itu segala penampungan air bersih atau benda-benda yang bisa menampung air bersih perlu diwaspadai.

Penyakit Diare

Diare disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Penderita akan mengalami buang air secara terus menerus dengan wujud feses yang cair. Jika terus berlanjut maka penderita bisa mengalami dehidrasi dan harus dirawat di rumah sakit. Pencegahan penyakit diare adalah dengan menjaga kebersihan tubuh, alat makan dan makanan yang kita makan. Cuci tangan sebelum makan dengan menggunakan sabun selama 30 detik sangat disarankan. 

Penyakit Influenza (Pilek)

Penyakit yang biasa disebut flu ini adalah penyakit menular paling umum diderita oleh orang banyak. Penyebab dari flu adalah Virus RNA. Virus ini melakukan mutasi sepanjang waktu sehingga sulit dideteksi oleh sistem imunitas. Itulah yang menyebabkan tubuh selalu saja terkena flu dari tahun ke tahun. Seringnya mereka yang malas olahraga dan memiliki gaya hidup tidak sehat sehingga daya tahan tubuhnya menurun. 

Penyakit Tuberkolosis (TBC)

Penyakit menular yang satu ini disebabkan oleh bakteri "Mycobaterium tubeculosis" yang menyerang paru-paru dan dikategorikan sebagai penyakit berbahaya. Di masa lalu, jutaan orang meninggal karena penyakit ini. Meskipun jumlahnya lebih sedikit, namun masih cukup banyak orang meninggal karena penyakit ini sekarang. Penyakit ini menular lewat kontak udara yang sama dengan penderita TBC. Oleh karena itu orang yang menderita penyakit TBC harus dikarantina dan diberikan terapi paling tidak selama 6 bulan.


Tidak ada komentar :

View My Stats