Jumat, Maret 06, 2015

RAHASIA MEMPERMUDAH MENU DIET

SAHABAT SEHAT: Mencari Menu Diet yang Sehat? DIET membatasi menu makanan SAHABAT? Kami SAHABAT SEHATKU telah merangkum 8 RAHASIA MEMPERMUDAH MENU DIET. 



1.Gunakan Alpukat menggantikan Mayonaise
Salah satu makanan yang paling sering digunakan sebagai menu diet adalah salad. jika sahabat dunia sehat penikmat salad cobalah gunakan alpukat sebagai pengganti mayonnaise. Satu sendok mayonnaise mengandung sekitar 100 kalori dan 9 gram lemak? Gunakan alpukat sebagai pengganti mayonnaise bahkan jika sahabat membuat salad telur, salad tuna atau salad ayam. Alpukat memang masih mengandung lemak, tetapi lemak dalam alpukat jauh lebih sehat daripada lemak mayonnaise. Jika sahabat dunia sehat tidak memiliki alpukat, sahabat bisa juga menggunakan yoghur tuntuk salad Anda. Yogurt merupakan sumber protein yang baik ditambah yougurt juga bisa menambah rasa kenyang. 

2. Tukar Minyak Nabati dengan minyak kelapa 
Minyak nabati macam minyak canola, minyak jagung, dan minyak kedelai, tidak akan bisa membuat makanan sahabat lebih sehat. Minyak-minyak nabati memiliki titik jenuh yang rendah jadi sangat rentan ketika dipanaskan. Jika ingin meningkatkan kualitas makan sahabt gunakanlah minyak kelapa lebih sehat dan memiliki kepekaan panas yang tinggi, jika dirasa susah mendapatkan minyak kelapa sahabat dunia sehat bisa juga mencoba memanfaatkan minyak zaitun.



3.Gunakan Rempah - Rempah bukan garam
Rahasia mempermudah menu diet berikutnya adalah mengganti garam dengan rempah-rempah. Dalam memasak sahabat dunia sehat pasti sering menggunakan garam sebagai penambah rasa makanan agar lebih sedap. Tanpa disadari penggunaan garam ini sendiri merupakan upaya menambah lemak dan sodium yang tidak perlu dalam masakan. Salah satu cara terbaik untuk membuat makanan diet sahabat lebih sehat dan tetap enak adalah dengan menggunakan rempah-rempah sebagai pengganti garam. Untuk menambah rasa pada makanan sahabat bisa menggunakan rempah-rempah kering atau rempah segar seperti ketumbar, bawang putih, kemangi, dll. 

4. Tetap Gunakan Gula namun jumlahnya dikurangi
Ada banya alasan mengapa sahabat harus menggurangi konsumsi gula, tetapi jika memang sahabat tidak bisa meninggalkannya maka setikanya cobalah untuk mengurangi konsumsi gula. Gula merupakan factor kunci dari banyak sekali masalah kesehatan. Sitidaknya gula berkontribusi dalam menjadi penyebab diabetes serta osteoporosis, melemahkan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan kerusakan ginjal, mengganggu keseimbangan mineral tubuh sahabat, mempercepat proses penuaan, dan banyak lagi. Alternative lain sahabat bisa menggatinya dengan menggunakan gula merah atau gula aren. 

5. Perbanyak Konsumsi Sayuran melalui sup
Sayuran kaya akan vitamin dan mineral, dan mereka sangat berguna bagi kesehatan sahabat. Bahkan jia sahabat termasuk orang yang tidak menyukai sayuran cobalah tetap menkonsumsinya. Brokoli bisa menjadi alternative tersendiri bisa dicampurkan kedalam makanan. Percayalah mengkonsumsi sayuran tidak akan menyakiti siapapun. 

6. Buat kaldu sendiri, jangan menggunakan kaldu instan dalam kemasan
Kaldu yang dijual di toko atau supermarket kebanyakan garam dan bahan-bahan mengerikan lainnya termasuk MSG. Alternatifnya sahabat bisa membuat kaldu sendiri yang lebih sehat dari bahan rebusan sayuran organic dan rendah sodium. Tapi apapun alasannya akan lebih baik memanfaatkan air putih bukan kaldu sebagai bahan untuk masakan sehat dengan cara direbus. 

7. Gunakan Beras Merah, Bukan Beras Putih Pulen
Nasi merupakan makan pokok bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Nah jika sahabat merupakan salah satunya cobalah untuk mengganti nasi putih dengan beras merah. Beras merah memang sulit untuk dimasak dan disajikan. Membutuhkan waktu lama dan keras ketika dimakan. Tapi dari segi kesehatan beras merah jauh lebih unggul dari nasi putih. 

8. Terakhir, Gunakanlah Keju Rendah Lemak
Keju mungkin merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan kalsium. Tapi faktanya mengkonsumsi keju atau bahan lain olahan susu yang berlebihan justru bisa meningkatkan resiko osteoporosis. Jika memang sahabat terpaksa menggunakan keju biasa silahkan kurangi jumlahnya.
Bagaimana sahabat sehatku? Mudah dan sehatkan? Dengan melakukan tips tips diatas sahabat dunia sehat bisa bereksperimen untuk menyajikan makanan diet dengan lebih mudah dan tetap lezat. Demikian artikel dunia sehat mengenai 8 cara rahasia mempermudah menu diet. Semoga bermanfaat. Salam sehat buat Sahabat Sehatku

1 komentar :

Anonim mengatakan...

Sebuah referensi yang dapat membantu saya dalam melengkapi kliping sekolah

View My Stats