Minggu, Maret 29, 2015

Enam Masalah Kesehatan Bayi Baru Lahir

SAHABAT SEHAT: Kelahiran bayi adalah saat-saat yang ditunggu oleh semua orang tua. Melahirkan Bayi yang Sehat adalah dambaan setiap orang. Namun tak jarang Bayi yang baru lahir terkena masalah kesehatan. Berikut ini kami paparkan Enam Masalah Kesehatan pada Bayi yang baru lahir yang wajib diketahui oleh SahabatBinkes sebagai Orangtua : 
1. KOLIK
Kolik adalah gejala Sakit Perut pada bayi yang ditandai tangisan terus – menerus dan Bayi tampak kesakitan. Bayi yang menderita Kolik akan menagis tanpa henti, paling tidak selama tiga jam per hari, tiga hari seminggu, dan biasanya berlangsung selama tiga minggu. Hal ini biasa terjadi sejak anaklahir sampai usia 3 – 4 bulan, yang dikenalsebagai Kolik Tiga Bulan. 
Syangnya tidak mudah mendiagnosa kolik pada Bayi, sebab Kolik tidak punya gejala khas yang membedakan dengan penyakit lain. 





2. PENYAKIT KUNING
Penyakit Kuning bisa diderita Bayi yang baru lahir hingga berusia satu bulan. Gejalanya yakni Mata dan Kulit diseluruh tubuh tampak menguning dan si bayi malas minum. Biasanya akan hilang dalam waktu dua minggu. Berikan Air Susu Ibu sesering dan sebanyak mungkin. Bayi perlu berjemur selama 15 menit antara pukul 07.00 – 09.00 pagi.
3. RUAM POPOK.
Ruam Popok muncul akibat reaksi zat-zat yang terdapat dalam Urine atau feses. Kulit yang terpapar terus-menerus akan mengalami iritasi. Ruam Popok perlu di waspadai bila dalam tiga hari belum sembuh juga. gejala yang terlihat yaitu iritasi kulit, warna kemerahan. Dalamkondis parah akan muncul gelembung seperti air akibat terinfeksi Jamur Candida Albicans dan bengkak. Cara mengatasinya adalah dengan segera menukar popok bayi ketika basah. Jika menggunakan popok kain, gunakan dari bahan yang lembut dan menyerap keringat.
4.KEMBUNG. 
Bayi sering menangis tanpa sebab? Jika bukan karena Kolik, bisa jadi si bayi kembung. Bayi usia kurang empat bulan rentan terserang Kembung, karena organ pencernaannya belum matang, akibatnya gas mudah berkumpul diLambung atau Usus.
Gejala bayi kembung ialah menagis terus – menerus, menarik – narik kakinya ke arah perut, sering buang angin dan perutnya mengeras setelah makan.
Atasi dengan meletakkan kain hangat diatas perut Bayi, lakukan pemijatan dengan cara mengusap perut bayi ke arah usus besar, lalu turun lagi. Lakukan Saat Bayi Sedang Santai atau Tidak Menagis. Lalu tengkurapkan bayi, sehingga gas di perut mencari tempat yang lebih tinggi yang kemudian keluar sebagai buang angin. Usahakan Bayi bersendawa.
Jika cara tersebut tidak berhasil, kami sarankan untukmebawanya ke dokter.


5.DEMAM. 
Demam merupakan tanda sistem pertahan tubuh yang sedang aktif bekerja. Tak jarng tubuh bayi terasa hangat dan jika di ukur hanya naik 0,5 derajat dibandingkan suhu tubuh normal, yaitu 36ÂșCelcius. Jika suhu bayilebih dari 37,5ÂșCelcius maka bayi dikatakan demam. Penyebab umumnya adalah infeksi, terutama infeksi virus. Bila tubuhnya mamou mengatasi infeksi tersebut, suhu tubuhnya akan kembali normal dengan sendirinya. Mama tetap bisa tenang ya!!, apalagi jika saat demam mereda, anak relatif masih aktif atau tampak riang.
6. BATUK PILEK. 
Batuk Pilek bisa saja menyerang pada bayi yang baru lahir. Biasanya batuk pilek yang terjadi pada bayi terjadi selama dua atau tiga hari. Namun bila Batuk Pilek terjadi selama lebih dari satu minggu, bisa jadi ada infeksi bakteri lanjutan.
Atasi dengan tetap memberikan ASI dan hindari penggunaan botol. Sebab gerakan bayi menghisap payudara akan menutup Saluran Eustachius. yang menghubungkan hiodung dengan telinga. Kondisi ini akan memperkecil resiko terjadinya infeksi telinga oleh bakteri yang ada di hidung dan tenggorokan.
Jangan asalmemberi obat antibiotik!!! Untuk mencegah kejang dan bayi bernafas dengan lega, keluarkan cairan hidungnya dengan penguapan, menepuk – nepuk punggung bayi dalam posisi telungkup di atas paha anda, atau disedot menggunakan alat penyedot lendir. Pencegahan bisa dilakukan dengan memberikan Imunisasi Influenza saat usianya 6 bulan. Ulang setiap detahun sekali.
Nah….. Sahabat Sehat, demikian Postingan ini saya buat, dengan harapan dapat mebantu Sahabat Sehat mengenal Masalah Kesehatan Bayi Baru Lahir

Tidak ada komentar :

View My Stats