Sabtu, Februari 28, 2015

Batu GInjal Dan Makanan Yang Dihindari

SAHABAT SEHATKU: Kebanyakan di antara kita tak menyadari bahwa kita memiliki Batu Ginjal hingga sampai pada tahap tahap yang serius, ketika Batu Ginjalber-ukuran besar. Mengalami penyakit Batu Ginjal memang sangat menyedihkan. Selain itu makanan dan minuman yang dikonsumsi juga harus sangat diperhatikan. 

Beberapa makanan bisa menyebabkan masalah Batu Ginjal semakin parah. Perhatikan beberapa makanan yang sebaiknya tidak di konsumsi untuk menjaga Ginjal tetap "SEHAT". Berikut adalah beberapa jenis makanan  yang harus dihindari jika Anda memiliki masalah dengan Batu Ginjal, (seperti dilansir oleh Health Site). 





1. BAYAM
Menurut Dr Deepshikha Agarwal (seorang Ahli Nutrisi dan Diet), penderita Batu Ginjal sebaiknya menghindari untuk mengkonsumsi "Bayam". BAYAM mengandung Oxalate yang bisa mengikat kalsium dan membentuk Kristal Kalsium "Oxalate" atau batu ketika Ginjal memproduksi urine. Jika Anda mengkonsumsi Bayam ketika mengalami masalah dengan Batu Ginjal, keadaan akan semakin parah. Meski begitu,bukan berarti orang yang terkena Batu Ginjal sama sekali harus menghindari Bayam. Pasien masih diperbolehkan makan Bayam sekali atau dua kali seminggu, tak lebih.

2. TOMAT
"Tomat" juga ternyata jenis sayuran yang mengandung banyak Oxalate. Tomat biasanya dikonsumsi secara langsung atau terkandung dalam masakan. Menghindari Tomat tentunya bukanhal yang mudah,karena tomat biasa digunakan dalam berbagai masakan sebagai perasa. Meski begitu, mengkonsumsi Tomat sesekali juga boleh,karena makan ini mengandung banyak Nutrisi. Untuk mencegah lebih banyak masalah,hilangkan biji toma ketika hendak mengkonsumsinya dan jangan mengkonsumsi terlalu bantyak Tomat.

3. COKELAT
Siapa yang tidak kenal dan suka dengan Cokelat? Sudah tentu pasti kebanyakan orang suka mengkonsumsi "Cokelat".
Jika Anda bermasalah dengan Batu Ginjal, Cokelat adalah pantangan terbesar. Cokelat juga diketahui mengandung Oxalate yang menyebabkan keadaan Ginjal semakin parah akibat Batu Ginjal. Mengkonsumsi Cokelat masih diperbolehkan sekali seminggu, namun sebaiknya hindari makan cokelatdan ganti kesukaan Anda pada makanan Manis dengan makanan lainnya. Meski Cokelat bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, namun tak baik jika Anda memiliki Batu Ginjal.

4. TEH
"Teh" memang merupakan salah satu minuman sehat yang kaya manfaat untuk kesehatan. Namun jika Anda memiliki Batu Ginjal, sebaiknya hindari minum teh. Minum teh akan membuat Batu Ginjal semakin membesar dan menyebabkan berbagai macam Komplikasi.
Batasi konsumsi teh, atau hindari sama sekali. MInum air putih lebih baikb untuk kesehatan tubuh dibandingkan teh jika Anda memiliki masalah dengan Batu Ginjal. 

5. MAKANAN LAUT
Orang yang memliki masalah dengan Batu Ginjal, sebaiknya berhati-hati saat makan "Makanan Laut". Beberapa Makanan Laut banyak mengandung zat ber-nama "PURINES".  Purines dalam tubuh bisa meningkatkan produksi Asam Urat yang pada gilirannya memicu terbentuknya Batu Asam Urat. Karena itu, jika Anda bermasalah dengan Batu Ginjal sebaiknya batasi atau hindari Makanan Laut, sepert ikan tiram. 

6. MAKANAN ASIN
Mengkonsumsi "Makanan Asin" terlalu banyak saja sudah tidak baik untuk kesehatan orang yang normal, apalagi orang yang bermasalah dengan Batu Ginjal. Sangat penting untuk membatasi konsumsi garam dan makanan asin setiap harinya. Ini karena garam mengandung Sodium yang menyebabkan terlalu banyak pengeluaran kalsium pada urine yang diolah oleh Ginjal. Dan kel;ebihan kalsium ini akan mengikat Oxalate yang ada dalam makanan untuk kemudian menyebabkan pembentuka Batu Ginjal. Karena sebaiknya hindari Makanan yang banyak mengandung Garam.
Selain Makanan diatas, juga hindari makanan lain, seperti: jambu, kacang tanah, ubi jalar dan buah bit. Gantikan makanan-makanan tersebut dengan makanan dan minuman lain yang lebih sehat, seperti: air mineral, jus lemon, air kelapa, dan Makanan lainnya yang bisa mencegah terbentuknya Batu Ginjal. 

Tidak ada komentar :

View My Stats